Home » , » Asbabun Nuzul Surah Az Zumar (39) ayat 36-37

Asbabun Nuzul Surah Az Zumar (39) ayat 36-37

Disajikan oleh Admin on Friday, June 19, 2015 | 7:31 AM

Asbabun Nuzul Surah Az Zumar (39) ayat 36-37
Jum'at, 19 Juni 2015 - 2 Ramadhan 1436 H




 'Bukankah Allah yang mencukupi hamba-Nya? Mereka menakuti-nakutimu dengan sesembahan yang selain Dia. Barang siapa dibiarkan sesat oleh Allah, maka tidak seorang pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya.

  

 "Dan barang siapa diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak seorang pun yang dapat menyesatkannya. Bukankah Allah Maha Perkasa dan mempunyai (kekuasaan untuk) menghukum?" (Qs. Az Zumar (39) - 36, 37)

***

  Siapakah 'pelaku' menakut-nakuti yang dimaksud ayat ke 36 surat Az Zumar? Sehingga Allah MenjawabNya dengan penegasan 'siapa saja yang disesatkan oleh Allah, tiada akan yang mampu menyelamatkannya'

   Dan lebih diperkuat lagi di ayat berikut 'siapa saja yang telah diberi petunjuk oleh Allah, tidak akan ada yang sanggup menyesatkannya'. Dan diakhiri dengan ancaman Allah untuk si pelaku.

Ini jawabannya;

  Abu Hani al-Khaulani meriwayatkan kedua ayat ini diturunkan berkenaan dengan perkataan kaum Musyrikin kepada Rasulullah, "Berhentilah engkau mencela sesembahan kami. Andai engkau tak berhenti, kami akan memerintah mereka agar menjadikanmu gila." (HR. Tirmidzi).

Wallahu'alam Bishowab.

*** 
(AniqAds. New Logo Aniq Uniq)
 
Silahkan dibagi artikel ini :

0 comments:

Post a Comment



 
Support : Ardy Erlangga | Aniq Uniq.com | Cargam Manga Zine Template
Copyright © 2013. Ngaji Tahsin - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger